Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaNasionalWarga Pulau Bidadari Heboh, Ribuan Ikan Kecil Lompat Kedarat, Apa yang Terjadi?

Warga Pulau Bidadari Heboh, Ribuan Ikan Kecil Lompat Kedarat, Apa yang Terjadi?

Tangkapan layar yang mengambarkan ribuan ikan melompat-lompat di dermaga sekitar perairan Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu pada Selasa (20/12/2022). Para warga tampak memunguti ikan kecil yang terdampar itu. (Doc. JAKUT.INFO)

Populism.id,- Warga Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu dibuat heboh dengan munculnya ribuan ikan kecil yang melompat-lompat ke daratan pada Selasa (20/12/2022) lalu.

Dari video viral yang beradar ikan-ikan kecil seperti berlomba naik kedarat, dan warga sekitar menyambutnya diatas dermaga.

Dikutip dari Kompas, fenomena ini menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati, merupakan hal wajar.

Suharini menjelaskan dalam kondisi cuaca ekstrem, endapan lumpur dari dasar laut naik ke permukaan akibat pergerakan air dari dasar laut yang disebut sebagai upwelling.

“Begitu lumpur-lumpur naik ke atas, kenapa kemudian ikan-ikan kecil yang berlompatan mati. Karena dia enggak mampu bersaing,” ujar Suharini saat dikonfirmasi, Kamis (22/12/2022).

Mengutip laman kkp.go.id, upwelling adalah fenomena yang menyebabkan air permukaan laut lebih hangat dan kurang nutrisi. Kondisi ini menyebabkan kurangnya oksigen yang dibutuhkan oleh ikan di dalam air.

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular