Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialKurikulum Merdeka Belajar Mulai diterapkan di Kutim

Kurikulum Merdeka Belajar Mulai diterapkan di Kutim

Kurikulum Merdeka Belajar telah diterapkan di SDN 003 Sangatta Utara. (Doc. Populism.id)

Populism.id, KUTIM – Kurikulum Merdeka Belajar telah diterapkan di SDN 003 Sangatta Utara, yang mana kali ini dalam penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema peduli lingkungan.

Pada kesempatan tersebut, siswa SDN 003 Sangatta Utara diberikan pembekalan soal memilah dan mendaur ulang sampah.

Disampaikan oleh Kepala SDN 003 Sangatta Utara, Muriansyah pelaksanaan proyek tersebut mengadopsi gaya hidup berkelanjutan.

Di mana, sasarannya fokus pada pemilahan sampah dan mendaur ulang sampah plastik menjadi sebuah kerajinan yang bernilai serta bermanfaat.

“Tujuan kami untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan berkontribusi dalam mengurangi dampak negatif terhadap alam,” ungkapnya, Senin (11/12/2023).

Kata dia, sasaran yang terlibat dalam implementasi P5 diantaranya seluruh siswa SDN 003 Sangatta Utara kelas 1,2, 4 dan 5.

Para siswa tersebut diberikan edukasi tentang pemilahan sampah, pengumpulan sampah organik dan non-organik, serta pembuatan sebuah kerajinan dari sampah plastik.

“Kami ingin menciptakan generasi cilik yang peduli terhadap lingkungan dan memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengambil tindakan nyata dalam menjaga keberlanjutan alam kita,” imbuhnya.

Secara teknis, kegiatan pemilahan sampah dan pembuatan kerajinan akan berlangsung selama satu semester.

Tentunya hal itu mendapat apresiasi dari Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan sangatta Utara, Muhammad Arafah.

Selain dapat mengurangi sampah di sekitar lingkungan sekolah, kegiatan tersebut juga melatih perkembangan motorik halus dan meningkatkan jiwa kreatifitas siswa di SD Negeri 003 Sangatta Utara.

“Harapannya bahwa proyek ini akan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di seluruh negeri untuk menjalankan inisiatif serupa, demi menjaga keberlanjutan bumi kita,” pungkasnya. (Adv)

[Royen-Populismedia]

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular