Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialFraksi DPRD Bontang Mulai Terbentuk, PAN, Demokrat dan Gelora Satu Gerbong

Fraksi DPRD Bontang Mulai Terbentuk, PAN, Demokrat dan Gelora Satu Gerbong

Anggota DPRD Bontang, yang juga Ketua DPD PAN Kota Bontang Ridwan. (Doc.Populism.id)

Populism.id, BONTANG – Anggota DPRD Bontang Ridwan mengungkapkan partainya PAN, Demokrat dan Gelora bersepakat membentuk satu fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang. 

Fraksi ini bernama Amanat Demokrat Bergelora (ADB). dengan 4 anggota, diantaranya yang ditunjuk sebagai ketua adalah Ridwan dari PAN,  wakil ketua Sumardi dari Demokrat, sekretaris Muhammad Aswar dari Gelora dan anggota Muhammad Irfan.

“Alhamdulillah fraksi kami sudah terbentuk, namanya Amanat Demokrat Bergelora, gabungan dari 3 partai,” kata Ridwan saat dikonfirmasi, Selasa (20/8/2024).

Ia menjelaskan pembentukan fraksi ini adalah hal yang wajib berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Yang mana di Pasal 162 dan diterangkan terkait pembentukan fraksi.

Kemudian hal tersebut juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2016, tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD dalam Pasal 120 dan 122.

“Jika satu partai tidak cukup jumlahnya anggotanya yang terpilih membentuk satu partai, maka dilakukan penggabungan, bunyi pasalnya kurang lebih seperti itu,” katanya.

Setelah itu, proses selanjutnya akan diserahkan kepada pimpinan dan akan dibahas dalam pembetukan alat kelengkapan dewan.

“Insya Allah besok akan dibahas,” terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Demokrat Kota Bontang Amriadi mengamini pernyataan Ridwan. Ia menjelaskan ketiga partai yang tergabung dengan Fraksi ADB sudah bertemu, dan menyepakati terkait kerja sama 5 tahun kedepan.

“Karena aturan di DPRD seperti ini, Demokrat tentunya juga mencari kawan yang satu pemahaman dan bisa saling mengerti. Kami setuju bergabung dalam satu Fraksi ADB. Amanat Demokrat Bergelora,” jelasnya.

Sementara itu Populism.id mencoba meminta keterangan dari Ketua DPC Gelora Kota Bontang Muhammad Aswar, namun hingga berita ini terbit belum ada jawaban yang diberikan. (Adv) (Royen-Populism.id)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular