Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorial4 Kelurahan Terdampak Longsoran Tanah Dalam Sepekan, Samad: Segera Lakukan Perbaikan di...

4 Kelurahan Terdampak Longsoran Tanah Dalam Sepekan, Samad: Segera Lakukan Perbaikan di Titik Rawan Bencana

Anggota Komisi III DPRD Bontang Abdul Samad. (Doc. Royen/Populism.id)

Populism.id, BONTANG – Anggota Komisi III DPRD Bontang Abdul Samad mendorong Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) Bontang, segera menindaklanjuti perbaikan di daerah rawan bencana tanah longsor, Sabtu (29/4/2023).

Penanganan ini diusulkan, lantaran telah terjadi longsoran tanah dalam sepekan terakhir. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Bontang, tercatat 4 bencana longsor, di RT 12 Kelurahan Gunung Elai.

Kemudian lokasi lainnya, di RT 11 Kelurahan Kanaan, RT 22 Kelurahan Loktuan, dan RT 51 Kelurahan Belimbing.

“Dinas PUPRK Bontang harus gerak cepat lakukan perbaikan, agar tak terjadi menimbulkan korban jiwa dan kerugian materil dari warga setempat,” kata Samad saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, pencegahan dini juga dapat dilakukan warga sekitar. Pertama, masyarakat harus beri jarak sekira 5 meter bangunan rumah dari area yang berpotensi longsor. Terakhir, masyarakat setempat dapat melakukan penanaman pohon, sebagai upaya pencegahan dini terhadap bencana.

Namun, upaya ini harus dibarengi dengan peran dari Pemkot Bontang, yakni melakukan pembangunan turap untuk minimalisir risiko bencana di sejumlah kawasan tersebut.

“Seharusnya dilakukan penurapan di daerah rawan longsor, agar tak terjadi bencana susulan saat cuaca buruk melanda,” pungkasnya. (Adv/DPRD)

[Royen/Populismedia]

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular