Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialDisdamkartan Bontang Berhasil Evakuasi Buaya 3 Meter di Lok Tuan

Disdamkartan Bontang Berhasil Evakuasi Buaya 3 Meter di Lok Tuan

Kepala Disdamkartan Amiluddin (topi hitam) usai proses evakuasi. (Doc. Ist)

POPULISM.ID, BONTANG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang menangkap buaya muara berukuran panjang 3 meter, di Jalan RE Martadinata, RT 7, Lok Tuan, Selasa (31/10/2023), sekira pukul 23.50, malam.

Kepala Disdamkartan Bontang Amiluddin mengatakan, informasi tentang keberadaan buaya ini diketahui dari masyarakat di RT 7. Keberadaan buaya membuat mereka khawatir, lantaran muncul tak jauh dari pemukiman warga.

Setelah mendapat informasi ini, petugas langsung menuju lokasi untuk evakuasi buaya. “Informasi dari warga. Jadi kami turun untuk melakukan evakuasi,” kata Amiluddin saat dikonfirmasi, Rabu (1/11).

Ia menjelaskan, saat proses evakuasi, petugas sempat kewalahan, karena lokasi penangkapan berada di rawa-rawa. Namun, masalah tersebut dapat teratasi dengan kesigapan para petugas. Alhasil buaya pun berhasil ditangkap.

“Saat proses penangkapan buaya ini tak ada korban jiwa. Apalagi petugas menggunakan kelengkapan alat pelindung diri. Keadaan buaya masih hidup,” terangnya.

Ia mengatakan, saat ini buaya akan dibawa dan diamankan sementara di Markas Komando Disdamkartan Bontang, Jalan kapten Piere Tendean, Bontang Kuala.

Setelah itu, akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur.

“Kami sudah koordinasi dengan BKSDA Kaltim untuk mengambil Buaya di Markas Komando,” tandasnya. (Adv/Kominfo)

[Royen/Populism.id]

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular