Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialDispar Kutim Sebut Festival Sangkulirang Jadi Media Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Dispar Kutim Sebut Festival Sangkulirang Jadi Media Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Festival Sangkulirang 2023. (Doc. Ist)

Populism.id, KUTIM – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Timur Nurullah menyebut Festival Sangkulirang jadi media promosi baik di bidang pariwisata maupun ekonomi kreatif.

Pelaksanaan giat perdana ini selama empat hari. Mulai dari (29/11-2/12-2023)

“Insyaallah November 2023 ini, rencananya akhir bulan dan akan kami gelar selama 4 hari,” ungkap Nurullah, Jumat (1/12)

Lanjutnya, pada Festival Sangkulirang dirinya juga menyiapkan beraneka ragam perlombaan tradisional dengan menyesuaikan adat dan kebiasaan di Kecamatan Sangkulirang.

Di mana, dirinya akan meramaikan Festival Sangkulirang dengan lomba tari-tarian tradisional, tari jepen, dan lomba balap perahu naga.

Tak hanya itu, lantaran Kecamatan Sangkulirang juga dikelilingi laut dan sungai, ia mengadakan lomba balap ketinting dan mancing.

“Ini sebagai media promosi wisata yang ada di Sangkulirang dan juga ekonomi kreatif seperti aneka kuliner khas sana,” jelasnya.

Kata dia, aneka ragam destinasi wisata di Kecamatan Sangkulirang diharapkan mampu diekspos saat Festival Sangkulirang nanti. Misalnya, wisata Pulau Seribu di Desa Sempayau Kecamatan Sangkulirang dan wisata air terjun Sangkulirang serta wisata unggulan Pulau Miang.

“Masih banyak lagi wisata disana, tetapi belum banyak yang tahu, makanya nanti sekalian kita promosikan di Festival Sangkulirang,” tuturnya.

Berikut jeni lomba yang akan digelar di Festival Sangkulirang: 1. Lomba menyanyi 2. Lomba Tari Jepen 3. Lomba Stand Kreatif 4. Lomba Memancing Tengah 5. Lomba Memancing Pelabuhan 6. Lomba Layangan Gelasan 7. Lomba Perahu Naga 8. Lomba Ketiting 9. Lomba Kuliner 10. Lomba Belogo 11. Lomba Gasing 12. Lomba Sumpit. (Adv)

[Royen-Populismedia]

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular