
Bontang – Transformasi digital di dunia kesehatan kini semakin terasa di RSUD Taman Husada Bontang. Melalui inovasi “Peace Gan Tamada”, rumah sakit milik Pemerintah Kota Bontang ini menghadirkan sistem aduan online yang mudah diakses masyarakat kapan pun dan di mana pun.
Kabag Hukum, Kehumasan, dan Kerjasama RSUD, Syariful Rahman, menjelaskan, sistem ini terhubung dengan platform digital rumah sakit bernama “It’s Simpler”. Masyarakat dapat mengaksesnya hanya dengan memindai barcode yang tersedia di area rumah sakit atau menghubungi nomor layanan resmi.
“Begitu aduan dikirim, sistem langsung mencatat dan mengirim notifikasi ke bagian terkait. Tindak lanjutnya maksimal dalam 1×24 jam agar tidak mengganggu mutu layanan,” terangnya saat dikonfirmasi, Rabu (22/10/2025).
Menurutnya, inovasi ini sejalan dengan upaya RSUD Taman Husada menuju pelayanan berbasis teknologi yang efisien, cepat, dan transparan.
“Kami ingin memudahkan masyarakat. Semua proses bisa dilakukan dari genggaman tangan,” ujarnya.
Selain untuk menampung keluhan, sistem ini juga menampung apresiasi dari pasien dan pengunjung. Salah satunya, masyarakat mengirimkan ucapan terima kasih kepada petugas RSUD. Hal tersebut menjadi semangat bagi tenaga kesehatan.
Layanan digital itu juga diharapkan dapat mempercepat proses evaluasi dan memastikan setiap aduan masyarakat tersampaikan langsung ke pihak manajemen tanpa kendala birokrasi.
Ia menyebut, sistem digital semacam ini penting untuk menjaga keterbukaan informasi publik di era modern.
“Teknologi bukan hanya mempermudah pasien, tapi juga meningkatkan tanggung jawab kami sebagai pelayan publik,” ucapnya.
Dengan langkah ini, RSUD Taman Husada menunjukkan diri sebagai rumah sakit yang adaptif terhadap kemajuan teknologi, sekaligus memperkuat kepercayaan publik melalui transparansi digital dalam pelayanan. (MH)
Leave a Reply