
Bontang – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang mencatat capaian positif dalam survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada 2025.
Berdasarkan hasil sementara, IKM Diskominfo mencapai angka 91,50 persen atau kategori sangat baik.
Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang Aji Erlynawati saat membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) yang digelar di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Jumat (25/7/2025).
Forum ini dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI, Polri, instansi swasta, perusahaan, serta perwakilan media.
“Kerja keras jajaran Diskominfo Bontang telah menunjukkan hasil memuaskan. Ini merupakan wujud dedikasi dalam meningkatkan kualitas layanan publik,” kata Aji Erlynawati.
Ia mengatakan, beberapa layanan unggulan yang mendapat penilaian tinggi dalam survei meliputi aspek transparansi dan kewajaran belanja layanan dengan nilai 96,0 persen.
Kemudian, layanan pengaduan dan masukan masyarakat yang meraih skor 95,90 persen.
Menurutnya, FKP menjadi sarana penting untuk mengevaluasi dan menyempurnakan pelayanan.
“Silahkan disampaikan apabila ada masukan yang bisa meningkatkan kualitas layanan kami ke depan,” terangnya.
Kepala Diskominfo Bontang Anwar Sadat menuturkan, FKP mengacu pada regulasi pelayanan publik. Termasuk Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Republik Indonesia Tahun 2017 tentang pedoman penyusunan IKM.
Menurutnya, IKM merupakan bagian dari evaluasi rutin terhadap layanan yang diberikan Diskominfo. Beberapa layanan yang dievaluasi antara lain, layanan panggilan darurat 112 yang terhubung dengan berbagai OPD, layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti aplikasi, website, dan fasilitas virtual meeting.
Kemudian, layanan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang bekerjasama dengan badan sertifikasi elektronik, layanan informasi publik yang tersedia melalui website resmi Diskominfo Bontang dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Bontang.
“Forum ini menjadi ruang dialog terbuka untuk menyampaikan kritik, saran, serta masukan dari masyarakat demi peningkatan layanan publik di masa mendatang,” tandasnya. (Adv/Royen)
Leave a Reply