Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialAmir Tosina Dorong Program Kotaku Berjalan di Kecamatan Bontang Selatan

Amir Tosina Dorong Program Kotaku Berjalan di Kecamatan Bontang Selatan

Ketua Komisi III DPRD Bontang Amir Tosina. (Doc. Populism.id)

Populism.id, BONTANG – Komisi III DPRD Bontang mempertanyakan keberlanjutan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang sempat diwacanakan di Kecamatan Bontang Selatan.

Ketua Komisi III Amir Tosina mengatakan program Kotaku sangat diharapkan masyarakat di Bontang Selatan, khususnya di wilayah Prakla, Kelurahan Berbas Pantai.

Menurut Amir, program tersebut sukses dilaksanakan di Selambai, Kelurahan Lok Tuan. Mestinya pembangunan yang sama juga bisa direalisasikan di wilayah Bontang Selatan.

“Harus seimbang. Kawasan Berbas Pantai (Bontang Selatan) juga pantas disentuh program Kotaku. Jangan hanya Selambai (Bontang Utara),” kata Amir saat dikonfirmasi, Rabu (17/7/2024).

Kata dia, sebelumnya mereka sudah melakukan lobi ke pemerintah pusat. Agar program tersebut turut dirasakan warga pesisir di Kelurahan Berbas Pantai. Namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut.

Amir Tosina pun mempertanyakan keseriusan pemerintah. Apakah hal tersebut sudah ditindaklanjuti atau tidak.

“Hanya master plannya saja ada, realisasinya tidak ada,” bebernya.

Untuk diketahui, program Kotaku merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia.

Tujuan umum program itu adalah untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan layanan dasar di perkotaan untuk mendukung perwujudan perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan. Dalam tujuan umum tersebut terkandung dua tujuan. Pertama, memperbaiki akses masyarakat terhadap infrastruktur dan fasilitas pelayanan di permukiman seperti perkotaan.

Kedua adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat perkotaan melalui pencegahan dan peningkatan kualitas pembangunan perkotaan, berbasis masyarakat, dan partisipasi pemerintah daerah. (Adv) (Royen-Populism.id)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular