Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaNasionalRamadhan Tahun Ini, Presiden Jokowi Izinkan Ibadah Tarawih Berjamaah di Masjid

Ramadhan Tahun Ini, Presiden Jokowi Izinkan Ibadah Tarawih Berjamaah di Masjid

Presiden Joko Widodo, sumber foto (Setpres)

Populism.id – Menghadapi bulan Ramadhan dan Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah/2022 tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan 3 aturan yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pertama, Jokowi mengizinkan umat Islam melaksanakan ibadah tarawih berjamaah di masjid. Hal tersebut tentu berbeda dengan aturan Ramadhan tahun sebelumnya.

“Tentu dengan tetap prokes,” kata Jokowi dalam keterangan resminya dikutip dari CNN Indonesia, Rabu 23 Maret 2022.

Kedua, masyarakat juga sudah diperbolehkan untuk melakukan perjalanan mudik pada libur lebaran. Keputusan ini dibuat setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 yang terus melandai.

“Situasi pandemi membaik membawa optimisme menjelang datangnya Bulan Suci Ramadan. Bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran dipersilakan,” jelasnya.

Meski begitu, Jokowi menetapkan syarat para pemudik telah menerima vaksinasi Covid-19 lanjutan atau booster serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Dengan syarat dua kali vaksin dan satu kali booster serta menerapkan prokes ketat,” ujarnya.

Terakhir, Jokowi melarang pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) menggelar acara buka bersama sepanjang bulan Ramadan. Ia juga melarang pejabat dan ASN melaksanakan open house.

Meski tren penularan kasus Covid-19 mengalami perbaikan beberapa waktu terakhir. Namun, ia meminta seluruh masyarakat tak mengendurkan penerapan protokol kesehatan.

“Untuk pejabat dan pegawai pemerintah, kita masih melarang untuk lakukan buka puasa bersama dan juga open house,” terangnya.

Sebagai informasi Bulan Ramadan tahun ini diperkirakan dimulai pada awal April 2022. Ini menjadi Ramadan ketiga dalam suasana pandemi Covid-19.

Dua tahun sebelumnya, pemerintah membatasi aktivitas masyarakat selama Ramadan, seperti salat Tarawih di rumah, saf berjarak, hingga melarang masyarakat untuk mudik guna menekan penularan Covid-19.

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular