Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialBPBD Bontang Maksimal Dalam Pelayanan dengan Kendaraan Taktis Segala Medan

BPBD Bontang Maksimal Dalam Pelayanan dengan Kendaraan Taktis Segala Medan

Salah satu kendaraan taktis milik BPBD Bontang yang biasa difungsikan ketika terjadi peristiwa kebakaran. (Doc. BPBD)

Populism.id, Bontang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang memiliki sejumlah kendaraan taktis untuk melayani masyarakat. Kendaraan ini dapat menembus lokasi bencana dan evakuasi korban.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bontang Irwan Febrayana saat dikonfirmasi, Rabu (26/10/2022).

Ia menuturkan, kesigapan petugas dalam penanganan bencana tak lepas dari dukungan kendaraan taktis.

Bahkan, keberadaan unit ini dapat melayani korban saat terjadi bencana di lokasi yang sulit diakses kendaraan pada umumnya.

Adapun kendaran taktis yang dimiliki untuk akses dijalur darat, yakni pertama 1 unit jeep fire. Fungsinya, memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), serta penunjang pemadam kebakaran di pemukiman. Kapasitas tangki berisi 200 liter.

Sementara, 1 unit mobil tangki. Fungsinya menyuplai air untuk jeep fire dan suplai air minum saat warga dalam kondisi kekeringan. Kapasitas tangki 5000 liter.

“Kalau jeep fire ini pinjam pakai dari Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Santan. Secara berkala akan dulakukan perpanjangan setiap 6 bulan sekali,” kata Irwan.

Kedua, mobil double gardan. Kendaraan taktis ini dapat mengakses lokasi bencana di segala medan. Jumlahnya 8 unit. “Kami juga memiliki 1 mobil operasional pikap,” ucapnya.

Terakhir, sebanyak 33 unit motor trail. Motor ini membuat kerja petugas menjadi lebih mudah saat mengakses lokasi bencana di segala medan. Semisal patroli Karhutla.

“Dalam patroli, petugas melakukan edukasi tentang bahaya membuka lahan dengan cara membakar, tandasnya. (Royen/ADV/Kominfo)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular