Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialParipurna ke 41 DPRD Kaltim, Samsun; Nota Keuangan Masih Terdapat Kekurangan

Paripurna ke 41 DPRD Kaltim, Samsun; Nota Keuangan Masih Terdapat Kekurangan

Rapat Paripurna ke 41 DPRD Kaltim, Jumat (30/9/2022). (Doc. Royen/Populism.id)

Populism.id, SAMARINDA – Perubahan nilai anggaran dalam nota keuangan rancangan APBD Provinsi Kaltim dipertanyakan DPRD di momen rapat Paripurna ke 41, Jumat (30/9/2022).

Asisten I Setprov Kaltim M Syirajudin, mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor dalam rapat itu mengatakan, hasil perhitungan terhadap semua jenis pendapatan pada 2023, terakumulasi sebesar Rp 13,54 triliun.

“Nilai itu meliputi pendapatan asli daerah Rp 7,60 triliun, pendapatan transfer sebesar Rp 5,93 triliun dan dan lain-lain pendapatan yang sah sebesar Rp 13,80 miliar,” ujarnya.

Menurutnya, hal-hal yang menjadi perhatian dan pertimbangan dalam penetapan target rancangan APBD 2023 diataranya hasil penghitungan potensi objek dan retribusi daerah serta dana perimbangan dan hasil realisasi penerimaan tahun sebelumnya dan tahun berjalan.

Dikonfirmasi sesuai rapat Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengungkapkan, bahwa nota penjelasan keuangan masih terdapat beberapa kekurangan.

“Ada redaksional, mungkin typo bisa jadi, atau copy paste dengan tahun lalu,” ucap Politisi PDI-Perjuangan ini.

Tetapi ada hal yang lebih fatal yakni perubahan nilai Anggaran Pemerintah Belanja Daerah (APBD) Kaltim sebelumnya 15, 1 menjadi 14,9 di rapat paripurna hari ini.

Menurutnya ini yang mesti dikoreksi oleh BPKAD dan TAPD karena lanjut Samsun APBD tidak boleh salah.

Setelah rapat paripurna ini, langkah selanjutnya adalah pandangan umum fraksi kemudian jawaban pemerintah kemudian pembahasan.

“Masih panjang dan dirinya yakin bahwa nilai tersebut akan  berubah,” ucapnya.

Untuk subtansi peruntukan belum dibahas,  masih nota secara global, nanti akan ditelaah betul-betul dalam rapat Banggar dan TAPD. 

“Nilai yang ada tadi 15,1 T atau 14,9 peruntukannya untuk apa saja,” tutupnya. (Royen/ADV/DPRDKaltim)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular