Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialBPBD Sigap Pantau Banjir di Titik Rawan Banjir

BPBD Sigap Pantau Banjir di Titik Rawan Banjir

Saat petugas BPBD Bontang melakukan pemantauan banjir di Jalan Patimura, Api-Api, Kamis (3/11/2022). (Doc. BPBD Bontang)

Populism.id, Bontang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang melakukan pemantauan di sejumlah titik rawan banjir, Kamis (3/11/2022).

Kepala BPBD Bontang Zainuddin menuturkan, saat ini banjir tengah berada di tengah kota. Penyebab banjir akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi di daerah hulu sungai Bontang di Kilometer 5 jalan poros.

Apalagi, pada pagi hari air laut dalam posisi pasang yang menghambat aliran cepat tumpahan dari hulu.

Namun, berdasarkan catatan BPBD air di Kilo Meter 5 Poros Bontang-Samarinda sudah berangsur turun.

“Ini tumpahan air dari hulu sungai Bontang. Ditambah lagi kondisi air laut sedang pasang. Tim sudah melakukan patroli sejak dini hari,” kata Zainuddin saat dikonfirmasi, Kamis (3/11/2022).

Sementara, Berdasarkan data Komunitas Pemerhati Air Sungai (Kompas) ketinggian di Kampung Inbis Aren, belakang X-Toys Kelurahan Api-api mencapai 3,1 Meter.

Sementara di KM 5 Poros Bontang- Samarinda sudah berada di angka 1,5 Meter.

Dikonfirmasi terpisah, salah satu warga setempat Paji mengatakan, air mulai naik sejak pukul 06.30 Wita. Ketinggian air hingga lutut orang dewasa.

Melihat keadaan itu, jalan sementara ditutup untuk menghindari gelombang akibat kendaraan yang melintasi jalan tersebut.

Namun, masih ada beberapa kendaraan yang menerobos. Akibatnya, karena ketinggian air beberapa pengendara mengalami mogok pada motornya.

“Sudah ditutup sejak pagi tadi. Ini airnya tinggi karena hujan di hulu dan ditambah hujan tengah kota namun tidak deras,” tandasnya. (Royen/Adv/Kominfo)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular