Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialGiat Mitigasi Karhutla, BPDB Bontang Paparkan Dua Hal Penting

Giat Mitigasi Karhutla, BPDB Bontang Paparkan Dua Hal Penting

Kasi Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Bontang Roni Apriansyah saat memberikan materi terkait mitagasi Karhutla di Polres Bontang, Jumat, (18/11/2022)

Populism.id, BONTANG – Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Bontang bekerjasama dengan Polda Kaltim dan Polres Bontang menggelar sosialisasi Giat Mitigasi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Jumat, (18/11/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung di Mako Polres Bontang yang dihadiri oleh perwakilan Dandim 0908 Bontang, Dinas Lingkungan Hidup, Balai TNK Bontang, Manggala Agni, MPA Kota Bontang, KPHP Santan, Instansi/ Perusahaan terkait.

Kasi Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Bontang Roni Apriansyah mengatakan Giat Mitigasi Karhutla merupakan upaya bersama, mengatasi potensi bahaya yang timbul dari kebakaran hutan dan lahan yang 99 persen terjadi karena ulah manusia.

“Kami sepakat bahwa untuk mencegah karhutla, intruksi Presiden Joko Widodo Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan & Lahan perlu ditegaskan,” kata Roni saat dikonfirmasi Populism.id.

Ia menjelaskan dalam Instansi Presiden itu, ada beberapa hal yang ditekankan pertama soal keterlibatan semua pihak dari unsur pemerintah, sampai ketingkatan masyarakat perlu memahami bahaya atau resiko yang timbul jika terjadi kathutla.

Kedua penekanan, tindakan tegas untuk pelaku yang dengan sengaja membuka lahan dengan cara membakar baik itu perorangan atau perusahaan.

“Intinya dua poin itu, mencegah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat atau perusahaan, dan menindak tegas pelaku yang melakukan pembakaran,” terangnya.

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular