Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaKaltimBontangHarga Beras di Bontang Tembus Rp 15 ribu Per Kilogram

Harga Beras di Bontang Tembus Rp 15 ribu Per Kilogram

Agen Beras Mama Anjas, di Jalan Jendral Achmad Yani, Bontang Utara. (Doc. Royen-populism.id)

Populism.id, BONTANG – Harga beras di Kota Bontang terus mengalami kenaikan dalam beberapa pekan terakhir. Dampaknya daya beli masyarakat menurun.

Salah satu agen beras di Pasar Taman Rawa Indah Anjas menuturkan, kenaikan harga terjadi lantaran nilai beli dari distributor memang lebih mahal dari pada sebelumnya.

Padahal menurutnya stok beras cenderung aman. Namun ia tidak memungkiri jadwal bulan Ramadhan yang terhitung hanya kurang lebih 1 bulan lagi turut mempengaruhi.

“Biasanya jelang puasa akan naik terus. Kalau stok sih ada saja. Kemarin baru aja masuk dari distributornya,” kata Anjas saat dikonfirmasi, Senin (20/2/2023).

Ia mengatakan rata-rata harga beras yang kualitas premium mengalami kenaikan mulai Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu.

Misalnya merk singa harga saat ini Rp 315 ribu. Beras ini biasanya paling diminati karena harga sebelumnya hanya Rp 300 ribu per karung ukuran 25 kilogram.

Harga eceran juga mengalami kenaikan. Kisaran harga mulai Rp 13 ribu hingga Rp 15 ribu  per kilogram. Kemudian dirinya mengaku hanya mengambil untung sedikit saja.

Kalau beras yang paling mahal merk bunga mekar per karung 25 kilogram dijual dengan harga Rp 338 Ribu. Dari harga sebelumnya hanya Rp 318 ribu.

“Naiknya luar biasa dalam dua minggu ini. Hampir 20 ribu. Karena memang dari agen segitu. Kita cuman menyesuaikan saja,” terangnya.

Salah seorang pembeli yang enggan disebutkan namanya mengaku, sangat merasakan imbas kenaikan harga beras. Biasanya dia membeli satu karung dengan ukuran 25 kilogram.

Saat ini harus menurunkan daya beli dan memilih untuk membeli dengan jumlah 10 Kilogram. “Saya biasa beli 25 kilo. Sekarang yah cuman 10 kilogram aja,” tandanya. (Royen/PM)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular