Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaPeristiwaFenomena Supermoon Akan Terlihat Jelas Malam Ini, Ingat Waktunya

Fenomena Supermoon Akan Terlihat Jelas Malam Ini, Ingat Waktunya

Ilustrasi (Doc. Ist)

Populism.id, BONTANG – Supermoon atau fenomena ketika bulan berjarak lebih dekat dengan bumi akan nampak jelas dilihat diseluruh wilayah Indonesia,  malam ini. Senin, 3 Juli 2023.

Dikutip dari laman Sea dan Sky, supermoon akan terjadi pada pukul 11.40 UTC atau 19.40 WITA. Saat fenomena itu terjadi, bulan akan terlihat pada jarak 224.895 mil atau 361.934 km.

Apa Itu Supermoon?

Kata supermoon diciptakan pada tahun 1979 oleh seorang astrolog bernama Richard Nolle. Menurut Nolle, supermoon terjadi ketika bulan purnama atau bulan baru jaraknya 90% titik terdekat ke Bumi.

Sementara tanggal terjadinya supermoon ditentukan oleh Fred Espenak. Dia merupakan seorang astronom terkenal karena menjadi pakar dunia dalam prediksi gerhana di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard.

Penyebab Terjadinya Supermoon
Dilansir dari Astro Pixels, Bulan berputar mengelilingi Bumi dalam ortbit elips. Diketahui, jarak Bulan dari Bumi bervariasi, namun rata-rata 363.396 km di perigee hingga 405.504 km di apogee.

Supermoon terjadi ketika Bulan Baru atau Bulan Purnama terjadi di dekat perigee atau 90% pendekatan terdekatnya ke Bumi dalam orbit tertentu. Pada saat itulah Bulan mengubah diameter sehigga tampak besar.

Perigee berasal dari kata peri yang artinya dekat dan geo artinya Bumi. Parigee adalah titik terdekat bulan ke Bumi dalam sebulan.

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular