Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialPemkab Kutim Bangun Dermaga Permanen di Desa Manubar untuk Memudahkan Akses Transportasi...

Pemkab Kutim Bangun Dermaga Permanen di Desa Manubar untuk Memudahkan Akses Transportasi Perairan

Populism.id, KUTIM – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana membangun dermaga permanen untuk penumpang dan barang di Desa Manubar, Kecamatan Sandaran. Kepala Bidang Sapras Widodo menyatakan bahwa pembangunan direncanakan akan direalisasikan pada tahun 2024 dengan anggaran sebesar Rp 5,3 miliar dari APBD murni 2024.

“Kami sudah review (tinjau) di 2023, anggaran sudah kami masukkan (di APBD) murni 2024 sebesar Rp5,3 miliar di Dinas Perhubungan, pelaksanaannya 2024,” kata Widodo didampingi Kepala Seksi Angkutan Soleram mewakili Kadis Joko Suripto, Senin (11/12/2023).

Menurut Widodo, rencana ini telah direview pada tahun 2023, dan anggarannya telah dimasukkan ke dalam APBD murni 2024.

Pembangunan dermaga ini diharapkan dapat meningkatkan akses transportasi di daerah sungai dan laut, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam bertransportasi, serta mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Sebelumnya, pada tahun 2019, rencana pembangunan dermaga di Sandaran sudah dianggarkan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari kementerian terkait.

Namun, pembangunan tersebut tidak dilaksanakan karena terjadi rasionalisasi anggaran akibat pandemi Covid-19. Sekarang, Dishub Kutim berencana merealisasikan proyek tersebut dengan pembangunan dermaga beton permanen di Desa Manubar Dalam Kecamatan Sandaran.

Kepala Seksi Angkutan Soleram menjelaskan bahwa telah dilakukan survei kelayakan lokasi pada bulan Oktober 2023, dan pembangunan direncanakan dilaksanakan pada tahun 2024.

Camat Sandaran, Tri Sukadar, menyambut baik rencana pembangunan dermaga tersebut, mengharapkan bahwa hal ini akan membuka akses transportasi laut yang lebih baik dan menggeliatkan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut. “Seperti Sandaran, Sangkulirang, Biduk- Biduk dan sekitar wilayah pesisir bahkan jalur palu” sebut Camat Tri Sukadar. (Adv)

(Royen-Populismedia)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular