Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaKaltimBontangGotong Royong Warga RT 32 Bersihkan Sungai dan Mengatasi  Banjir 

Gotong Royong Warga RT 32 Bersihkan Sungai dan Mengatasi  Banjir 

Warga RT 32 secara swadaya menyewa alat berat untuk mengeruk sungai dan parit di Jalan KS Tubun, Bontang Utara. (Doc. Ist)

Populism.id, Bontang – Gotong royong warga Bontang mengatasi banjir terus berlanjut. Setelah warga RT 14. Hari ini Minggu 29 Mei 2022, giliran warga RT 32 Kelurahan Api-Api secara swadaya menyewa alat berat untuk keruk lumpur sungai dan parit yang mengalami pendangkalan sepanjang Jalan KS Tubun.

Diketahui wilayah yang dihuni 255 Kepala Keluarga ini menjadi daerah langganan banjir.

Ketua RT 32 Edi Susanto mengatakan, gotong royong ini sudah dimulai sejak kemarin Sabtu (28/5) dan berlanjut hari ini Minggu (29/5) pagi.  Warga bersama -sama membersihkan endapan saluran drainase karena sedimen menumpuk hingga 1 meter. 

“Kami gotong royong dari kemarin. Warga membersihkan saluran parit secara manual di Gang Bersama hingga Gang Atletik 8. Kalau yang Jalan KS Tubun kita sewa excavator biayanya perjam,” kata Edi saat ditemui di Jalan KS Tubun, Minggu (29/5/2022). 

Rencananya, pengerukan akan terus dilanjut mulai dari Jembatan KS Tubun hingga depan Stadion Bessai Berinta. 

Edi melanjutkan, aktivitas bersih-bersih akan berlanjut hingga Senin (30/5/2022) esok. Tetapi pekerjanya dilakukan oleh tenaga harian yang dibayar uang patungan warga. 

Selama kegiatan ini, warga sedikit kesulitan karena ada saluran drainase yang dibeton. “Ini kita jebol sedikit tutupan betonnya. Nanti dikembalikan dan ditutup menggunakan kayu jadi kalau sewaktu-waktu akan dikeruk kembali menjadi mudah,” sambungnya. 

Selain itu, ada juga bantuan dari Dinas PUPRK Bontang satu unit dump truk dan 15 orang tenaga harian lepas. 

Dikonfirmasi juga salah satu warga RT 32 Joko yang ikut meminjamkan alat pemotong beton, pemecah beton, dan genset.

“Saya pinjamkan alat yang tersedia untuk membongkar beton yang menghalangi pembersihan saluran drainase,” pungkasnya. (Iwan/Pm).

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular