Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaKaltimBontangWaspada Potensi Banjir Rob di Pesisir Bontang pada 16 Juni

Waspada Potensi Banjir Rob di Pesisir Bontang pada 16 Juni

Banjir air laut merendam jalan menuju pemukiman warga Bontang Kuala, beberapa waktu lalu. (Doc. Ist)

Populism.id, Bontang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang meminta masyarakat untuk waspada peringatan BMKG tentang potensi banjir rob pada tanggal 16 Juni mendatang. 

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bontang Irwan Febrayana mengatakan pada tanggal tersebut, menurut keterangan BMKG, bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bumi dan bulan) yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut yang mencapai 2,4 meter. 

“Kami menghimbau masyarakat di wilayah pesisir Bontang untuk waspada dan siaga terhadap kenaikan air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir khususnya di Kelurahan Bontang Kuala dan Tanjung Laut Indah,” kata Irwan, Minggu, 12 Juni 2022. 

Melihat level ketinggian air tersebut, kemungkinan jalan umum menuju terminal dan parkiran di Bontang Kuala akan tergenangi air laut, saat pagi hari.

Sementara di Kelurahan Tanjung Laut Indah 

air laut diprediksi naik sampai di sekitatan Pasar Taman Rawa Indah (Tamrin).

Maka, ia menghimbau agar warga dapat meminimalisir bencana dengan mengamankan barang berharga. Dan perabotan rumah tangga yang mudah rusak.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan Ketua RT setempat untuk antisipasi banjir Rob,” tandasnya. (Royen/Pm)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular