Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaKaltimBontangLantai Pasar Citra Lok Tuan Becek, Rustam; Perencanaan Pembangunan Tidak Beres

Lantai Pasar Citra Lok Tuan Becek, Rustam; Perencanaan Pembangunan Tidak Beres

Pedagang ikan membersihkan lantai pasar Citra Lok Tuan agar genangan air bisa disingkirkan agar tidak membahayakan pembeli. (Doc. Iwan/Populism.id)

Populism.id, BONTANG – Kondisi pasar baru Citra Lok Tuan mengkhawatirkan. Bagaimana tidak pasar yang digadang-gadang sebagai pasar modern nyata terlihat kumuh dengan genangan air dimana-mana.

Hal itu nampak terlihat jelas di sepanjang lapak basah di pasar tersebut. “Sejak awal sudah begini (becek) saluran pembuangannya kecil dan tersumbat,” kata salah satu pedagang ikan Bahtiar, Senin (10/10/2022).

Menindaklanjuti masalah tersebut,  rombongan Komisi II DPRD Bontang mendatangi pasar dengan jajaran Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP). 

Ketua Komisi II DPRD Bontang Rustam mengatakan, sejak awal pembangunan pasar itu sudah tidak beres. 

Kemudian saluran air minimal sebesar 4 inci, sedangkan pipa yang terpasang 1,5 inci. 

Belum lagi imbas dari banjir, kondisi lantai yang licin cukup membahayakan pedagang serta pembeli. Untuk saat ini persoalan Ipal akan dibahas lebih lanjut. 

“Sangat disayangkan perencanaan yang tidak sesuai. Apalagi pipa yang terbilang kecil. Padahal desainnya disesuaikan dengan pasar modern tetapi ternyata jauh dari harapan,” kata Rustam. 

Kepala Diskop-UKMP Kamilan mengaku, persoalan saluran pipa belum bisa diselesaikan pada 2022 ini. Hal itu dikarenakan membutuhkan anggaran yang besar. 

Sementara, untuk menyelesaikan persoalan itu Diskop-UKMP menyiapkan mobil semprot agar pipa bisa terhindar dari sumbatan. 

Hal itu dilakukan setiap hari untuk mengatasi persoalan banjir didalam pasar khususnya di lapak ikan. 

“Kalau untuk pipa itu butuh anggaran besar. Makanya kita akan melakukan review ulang secara menyeluruh di 2023 mendatang,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular