Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaAdvertorialDisdamkartan Bontang Beri Pelatihan  Penggunaan Apar ke FKPM Tanjung Laut Indah

Disdamkartan Bontang Beri Pelatihan  Penggunaan Apar ke FKPM Tanjung Laut Indah

Praktik langsung penggunaan APAR dari salah satu anggota FKPM, di halaman kantor Kelurahan Tanjung Laut Indah, Selasa (22/11/2022). (Doc. PPID Damkar)

Populism.id, BONTANG – Sebagai upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam menangani kebakaran. Tim pencegahan kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang, memberikan pelatihan prosedur penggunaan APAR (alat pemadam api ringan) untuk anggota Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Kelurahan Tanjung Laut Indah, Selasa (22/11/2022) pagi.

Kegiatan itu berlangsung dalam dua sesi, pertama meteri dan yang kedua prakter penggunaan APAR di halaman kantor Keluranan Tanjung Laut Indah.

Staf Pencegahan Disdamkartan Bontang Rudi Kuncoro mengatakan kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat dalam hal penanganan bencana kebakaran, dengan menggunakan APAR.

“Melalui kegiatan ini, anggota FKPM dapat mempraktikan langsung bagaimana cara penanggulangan jika terjadi kebakaran di lingkungan masyarakat,” kata Rudi kepada Populism.id.

Menurutnya tanggung jawab penanganan kebakaran tidak hanya dibebankan ke pihaknya, tetapi peran serta masyarakat juga sangat diperlukan. Karena pada prosesnya pemadaman yang dilakukan petugas butuh waktu, seminimal mungkin 10 menit per peristiwa.

“Disini peran masyarakat, ketika api awal menyala APAR sangat berfungsi untuk menjinakkan, karena kandungan Mono-amonium danammonium sulphate. Serbuk kering Kimia yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga memisahkan oksigen yang merupakan unsur penting terjadinya kebakaran,” ungkapnya. (Iwan/Adv/Kominfo)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular