Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaKaltimBontangPencarian Orang Hilang Dihentikan, Agensi Belum Izinkan Kapal Berlayar

Pencarian Orang Hilang Dihentikan, Agensi Belum Izinkan Kapal Berlayar

Kapal Tanker MV.H.C Unity belum diizinkan beroperasi kembali meski tim Basarnas Kaltim telah menghentikan pencarian kapten kapal, per hari ini, Senin, 2 Januari 2022. (Doc. Ist)

Populism.id, BONTANG – Meski pencarian hilangnya kapten Kapal Tanker MV.H.C Unity, Li Dungwoo (44), dihentikan per hari ini, Senin (2/1/2023). Kapal tersebut belum diperbolehkan beroperasi kembali.

“Untuk sementara kapal belum diizinkan beroperasi sampai ada keterangan yang di rilis dari pihak kepolisian, karena penyelidikan masih berjalan,” kata BM PT Serasi Shipping Indonesia Ade Gunadi selaku agensi kapal saat ditemui dalam pers rilis penghentian pencarian WNA Cina di kantor BPBD Bontang.

Pencarian orang hilang telah berlangsung selama 1 pekan, namun tak ada tanda-tanda WNA cina bisa ditemukan.

Menurut Koordinator Lapangan Basarnas Kutim Bongga Losong pencarian dilakukan dengan menyisir keluar dari titik stand by kapal sejauh 10 mil, dan 5 mil ke bibir pantai.

Selain itu pihaknya juga menyisir sungai-sungai yang berada disekitar lokasi. Beradasarkan SOP, lanjut Bongga, jika pencarian selama 7 hari tidak menemukan apa-apa. Maka proses pencarian mesti hentikan.

“Jika kemudian hari, orang hilang ini ditemukan BPBD Bontang hanya akan melakukan penjemputan,” terangnya.

Selanjutnya, Kasi Kedaruratan dan Logistik Irwan mengatakan, sejauh ini tim terpadu masih menunggu hasil penyelidikan dari Polres Bontang.

Keberadaan kapten kapal pun masih misteri lantaran minimnya informasi dari Anak Buah Kapal (ABK). Pasalnya, sejak  (27/12/2022) pagi sang kapten tidak ada lagi diruangan.

“Kami masih menanti hasil investigasi pemeriksaan para saksi dari ABK,” tandasnya. (Royen/Pm)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular