Minggu, Oktober 20, 2024
BerandaKaltimBontangRekrut Pekerja Luar, Besok PT Wika Dipanggil Disnaker Bontang 

Rekrut Pekerja Luar, Besok PT Wika Dipanggil Disnaker Bontang 

Progres pembangunan pabrik amonium nitrat yang dikerjakan PT Wika di lahan Kaltim Industrial Estate. (Doc. Populism.id-Iwan).

Populism.id, Bontang – Buntut rekrutmen 20 pekerja ‘Pipe Fitter’ dari luar daerah, Dinas Ketenagakerjaan Kota Bontang bakal memanggil perwakilan PT Wijaya Karya untuk dimintai keterangan.

Kepala Disnaker Abdu Safa Muha mengatakan cara rekrutmen tenaga kerja PT Wika yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi dinilai melanggar Peraturan Daerah Nomor 10 tahun 2018 tentang rekrutmen tenaga kerja.

“Kami akan panggil mereka besok, jam 08.30 Wita, untuk dimintai penjelasannya.” kata Abdu Safa Muha saat dikonfirmasi awak media, Selasa, 24 Mei 2022.

Menurut Safa Muha jika terbukti melanggar, merujuk pasal 38 Perda Ketenagakerjaan Kota Bontang, sanksi dapat dijatuhkan mulai teguran, peringatan tertulis, pembatalan persetujuan, hingga penghentian sementara seluruh alat produksi sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Jangan sepelekan persoalan ini, kalau terbukti melanggar kami akan berikan sanksi,” ungkapnya.

Sebelumnya PT Wika beralasan merekrut tenaga kerja dari luar karena dinilai bisa mencapai target yang ditetapkan perusahaan. 

Sebanyak 20 orang diketahui didatangkan beberapa hari lalu, berujung persoalan karena dituding membawa masuk pekerja tanpa laporan ke Disnaker.

Tetapi Project Manager PT WIKA Hadi Prasetyo membantah tudingan itu. Ia bilang pihaknya taat dengan aturan yang berlaku di Bontang, walaupun disadari proses laporan baru akan diberikan Wika ke Disnaker setelah ada muncul aduan dari masyarakat. 

“Iya kami yang memang merekrut 20 orang tenaga Fitter dari luar dan sudah bekerja selama 3 hari. Rencana baru akan melapor, namun sudah ke buru viral,” bebernya. (Iwan/Pm).

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular